Ableton Operator (2 of 2)

operator

FM Synthesizer Ableton yg Old & New

(Part 2 of 2)
http://www.ableton.com/operator

Bahkan sampai hari ini FM synthesizer merupakan synth unik dengan kemungkinan suara yang tidak terbatas. Hanya beberapa Hardware synthesizer yang menampilkan FM secara penuh, diantaranya: Nord Modular, Alesis Fusion dan Korg Oasys/Kronos. Penampilan FM synth dari Yamaha yang terakhir adalah dalam bentuk groovebox DX200 dan plug-in card PLG-150DX, serta module FS1R. FM software yg paling powerful saat ini adalah FM8, tp buat ane kalo untuk suara FM jadul..masih lebih asik operator, bahkan untuk FM modern sekalipun ane msh lebih suka suaranya si operator..maklum satu2nya synth pertamax murni (bukan sampler/simpler/impulse) keluaran Ableton.

Nah..obsesi satunya lagi lahir karena generasi penerus DX yang namanya SY99! Yg bisa dibilang merupakan DX7II yg disempurnakan plus tambahan engine sample playback dan sequencer, yg jg bisa meload sample sendiri + tiap part termasuk FM bisa menggunakan Filter. Generasi ini, dimulai dengan SY77 adalah generasi FM pertama yang menggunakan filter. Waktu dulu hanya mimpi kalau bisa menyentuh synth ini! Sebuah suara bisa menggunakan hingga 4 oscillator..baik 2 sample + 2 FM (tidak bisa 3 fm + 1 sample, harus 2 + 2), 4 sample atau 4 FM (tapi jadi mono synth).

sy99

Nah, dengan INSTRUMENT RACK di Ableton, kita bukan hanya dapat membuat simulasi SY99…tapi bisa dibilang lebih mirip simulasi Combi pada Korg Kronos yang memiliki 9 engine, bahkan dengan system sequencing dan recording, jg penyimpanan data..effect, sample yang jauhhhh lebih flexible dan powerful!

Di Instrument Rack kita bukan aja bisa membuat gabungan dari 2 sample + 2 FM…tp bisa jauh lebih dari itu, bahkan dengan midi fx seperti arpegiator, efek2 lainnya…dengan macro control yg sangat flexible, jg dengan SAMPLE user (dulu barang mewah), dan yg paling gokil…engine dahsyat lainnya seperti Analog, Collision, Tension, Electric, Sampler, Simpler….sehingga merupakan sebuah environment sound design + sequencing yg menurut saya, paling canggih dan dahsyat, dibandingkan oleh apapun itu..baik hardware maupun software.

Belum lagi Drum Rack, dimana kita bisa membuat gabungan kick dari Analog, Snare dan FX dari Operator, Perkusi dari Collision, suara ethnic dari Tension..dll. Bahkan gabungan dari engine2 tersebut, buat penggila suara perkusi yang ajaib, experimental dan expressive. Sebagai pengguna Korg Wavedrum, cuma environment perkusi di Ableh yang bisa memuaskan..apalg kalau digabung dengan hardware pendukung dan, ehm..MAX for Live.

Operator juga merupakan FM synth yg menggunakan 14 jenis Filter yang bahkan sangat flexible dan ajib suaranya, plus AUTOMATION dan ruting modulasinya sangat flexible, juga bisa melakukan additive wavetable dengan partial yang bisa digambar!

Kebetulan penulis cukup beruntung memiliki module TG77/33 dan PSS570/580, jd bisa membandingkan suara DX7II, SY77 serta 2 dan 4 op FM synth dari Yamaha dengan Operator. Masing2 memiliki kelebihan masing2, tapi Operator dan Integrasinya dengan Live dan seluruh fasilitas Suite, membuat saya rela terjun ke dunia software, dengan hardware yg lama menunggu untuk dinyalakan 😀 tp jangan salah, DX7 jadul..atau TG77 dan FM hardware lainnya tetap menarik dan punya kelebihan masing-masing..hanya saja bila disuruh pilih satu synth FM buat dibawa ke desert island, saya pilih Operator, atas dasar integrasinya dengan Live.

Meski tidak sekomplex beberapa FM synth yg disebutkan, namun justru kesederhanaannya adalah kunci yang membuat FM synthesis bisa dinikmati oleh lebih banyak orang dan menjadi kelebihannya. Untuk komplexitas yang tidak terbatas, silahkan gunakan Instrument Rack dan buat layer FM Power Synth sesuka hati, bahkan dengan gabungan seluruh engine, fx, midi fx, sample sampe CPUnya mentok..dan untungnya Operator dan Synth bawaan Live kebanyakan processor friendly yg memang didesain secara khusus untuk itu. Hal tsb merupakan salah satu alasan tampilan yg sederhana, meski di balik kesederhanaannya instrument yang sebagian merupakan versi port dari produk2 AAS yg merupakan salah satu pelopor pertama VST (pembuat soft synth sesudah Seer System Reality, yg masih bertahan hingga saat ini dengan produk2 yang semakin matang dan terbukti kualitasnya) sangat lengkap dan powerful. http://www.applied-acoustics.com

Juga AMP, simulasi efek gitar andalan ane yang sangat cocok untuk menambah karakter dari Operator, merupakan port dari product buatan Soft Tube. Spesialis hi-end plugin yg biasa membuat efek2 yg harganya ajib untuk protools TDM dan Venue system.
http://softube.se/ableton_amp.php

Semua fasilitas ini merupakan pendukung dari Operator yang terdapat pada versi Live Suite 8. Dan semua hal tersebut dengan integrasi system sequencing, recording dan AUTOMATION Live yg membuat operator bukan cuma musikal suaranya, tapi jg penggunaan dan aplikasinya terhadap banyak hal dan keperluan, menjadi hal yang vital untuk banyak situasi yang membutuhkan suara FM, baik yg vintage atau dari planet lain.

Ini Obsesi yang kedua: FM synth dengan environment sound design dan sequencing/recording yang paling yahud.

Yah jd begitulah ceritanya, jd panjang 😀 maklum banyak faktor sentimentilnya emang si Mpok ALive dan operatornya ini.

yang pasti buat saya Operator itu, the best for: Old and New!

Met tahun baru 2012 temen2 semuanyaaaaa….

semangat baru, resolusi baru dan ditunggu trak barunya yaaa!