Ableton Operator (1of 2)

operator

FM Synthesizer Ableton yg Old & New

(Part 1 of 2)
http://www.ableton.com/operator

Buat ane, Operator itu sangat asik, bukan cuma sebagai synthesizer FM, tp khususnya merupakan Obsesi yang akhirnya terpenuhi.

Kisahnya pertama dimulai dari kibor jadul yang namanya DX7, salah satu kibor best selling sepanjang masa yang menampilkan FM synthesis dengan 6 operator. Dimana suara FM ini bisa menghasilkan suara2 yang sulit dan bahkan tidak bisa dihasilkan dengan Analog synthesizer. Diantaranya suara Electric Piano yg khas, Bell hingga FM bass dan Lead, hingga ke suara perkusi. Suara Drum dari FM synthesizer merupakan salah satu kesukaan pribadi.

dx7

 

Waktu itu kibor ini sangat mahal dan hanya milik para kibordis elit atau yg kebanyakan duit dan FM synthesis merupakan barang mewah yang tidak terjangkau oleh kebanyakan orang. Lagipula editingnya terbilang lebih sulit ketimbang analog synthesizer yang banyak tombol dan knobnya. Semua hanya diedit melalui layar lcd 2 baris dan tombol2 digital. Synthesizer ini hanya 1 part dan tidak multitimbral.

Tidak lama kemudian lahir DX7II yang merupakan sequel dari DX7 ori yang bisa dilayer dan split, atau memiliki 2 part multitimbral. Tapi banyak para pengguna DX7, lebih menyukai yang ori..karena suaranya yg lebih berkarakter. Hal ini disebabkan karena converternya masih 12 bit, sehingga meski lebih noise tp dianggap oleh sebagian orang paling asik suaranya. Meski sebagian orang lebih suka sequelnya yg udah 16 bit converternya.

Nggak lama kemudian, keluar versi budget dari DX yang cuma menggunakan 4 operator yg namanya TX81Z n terkenal dengan suara Bass Latelynya. Suara dari modul ini jg seringkali diminati karena converternya yg suaranya dirty. Begitu jg dengan modul FB01 yang sangat populer dikalangan musisi chiptune. Khususnya karena kedua modul ini bisa memainkan 8 part multitimbral, jd bagi purist..bisa membuat sebuah komposisi lagu yg full menggunakan hardware FM synthesis!

Nah sampe disini dulu, ane bakal cerita kaitannya dengan Operator!

Ableton_Operator

Operator merupakan FM synthesizer modern yang sangat terintegrasi dengan Ableton Live. Yg fokus bukan hanya pada banyaknya parameter synthesis, namun terlebih pada kualitas suara yang “Old and New” alias, bisa modern bisa juga jadul. Khususnya karena pada bagian oscillatornya terdapat sine4bit dan sine8bit yang sangat cocok buat jenis musik chiptune. Perlu ditekankan bahwa prioritas dari Operator adalah “Kualitas Suara”, yg musikal dan bisa diaplikasikan pada banyak situasi dan berbagai applikasi.

Bahkan Operator juga memiliki fitur antialiasing untuk suara FM jenis modern, namun bila fitur ini dimatikan..suara FM jadul bisa dihasilkan!

Untuk type suara seperti DX, Synclavier dan PPG, aliasing justru membuat suara yg lebih authentic. Bahkan parameter aliasing ini bisa dimainkan secara live, sehingga unsur “nasty” dari FM kini bisa menjadi playable sesuai dengan konteks dan ekspresi yg diinginkan. Misalnya: Suara DX7 dengan converter 8 bitnya pada intro, dilanjutkan dengan Suara FM mellow yg jernih pada part selanjutnya, secara Live. Mengenai converter jadul, tinggal tambahkan saturator dan redux, maka Operator bisa disimulasi menjadi synth DX kuno, bahkan lebih kuno lg dari FM synth di Sound Blaster jadul 😛

Nah, kalo dulu buat editing interfacenya minim..operator interfacenya sangat jelas, sederhana namun powerful. Juga bukan hanya 8 part..kita bisa membuat lagu dengan lebih banyak part dengan full FM synthesis!

Lalu bagaimana dengan 4 operator, dibandingkan dengan 6 operator di DX7? Memang masing2 memiliki kelebihan dan kekurangan masing2..tapi Operator memiliki Oscillator dengan berbagai jenis waveform seperti Saw, Square dan triangle..bahkan HAND DRAWING partials untuk additive wavetablenya! Yg tidak dimiliki oleh DX7. Sehingga 4 Oscillator yang dimiliki oleh Operator, tidak kalah powerful dengan 6 Operator yg ada di DX7. Bahkan dengan menggunakan 6 operator sekalipun, banyak suara Operator Live yg tidak bisa ditiru.

Ini adalah Obsesi pertama: FM synthesizer ajib yang suaranya gokil dan unik..bisa diajak jadul dan modern, powerful dan tidak terlalu sulit penggunaannya.

Robert Henke salah satu pemilik Ableton dan orang dibalik Operator, memiliki obsesi yang sangat kuat terhadap FM synthesis yg merupakan jenis synthesis yg paling ia sukai dan gunakan. Hasilnya adalah: OPERATOR!

Part 2