Gold Plate

Berbicara mengenai reverb, trend sedang kembali pada teknologi jadul tahun 60 – 70an. Dimana Plate Reverb merupakan teknologi canggih dengan ukuran sebesar kulkas. Anehnya meskipun banyak reverb baru diciptakan, suara dari Plate Reverb tetap memiliki tempat di hati para profesional engineer, serta tetap memiliki tag harga yang amat sangat mahal hingga US$10.000 lebih!


Trend ini terbukti dengan lahirnya beberapa plugin Plate Reverb dalam kurun waktu yang bersamaan pada bulan ini. Namun ada satu yang paling menarik, karena merupakan kerja sama antara dua perusahaan yang merupakan ahli terbaik di bidangnya masing2. Yaitu Kush Audio yang merupakan pakar dalam dunia Saturasi dan Kompresi, baik dalam bentuk hardware maupun software, dengan Relab yang merupakan pakar dalam simulasi reverb High-end. Sehingga kolaborasi keduanya merupakan perpaduan sempurna untuk melahirkan reverb terbaik dengan nuansa vintage seperti yang dapat didengar pada video berikut:

Kelebihan utama dari produk ini adalah “Depth” atau kedalam suara yang terasa tiga dimensional. Hal ini tidak berlebihan karena ini adalah hasil terbaik dari Relab yang telah memiliki sejarah panjang dalam membuat Reverb plugin terbaik. Kelebihan berikutnya adalah fitur saturasi dan kompresor yang membuat suaranya menjadi memiliki karakter vintage yang sangat musikal.

Bagi sebagian besar orang, kebanyakan akan membandingkan dengan EMT-140 atau EMT-240. Gold Plate boleh dikatakan sangat dapat menghasilkan suara emulasi dari Plate Reverb legendaris tersebut. Apalagi mengingat Gold Plate adalah algorithmic reverb yang tidak menggunakan IR. Bahkan di dunia recording, nama Gold Plate sendiri identik dengan EMT-240 yang merupakan supremasi dalam dunia Plate Reverb. Namun bagi penulis, suara dari Gold Plate lebih cenderung menyerupai Plate type boutique yang memiliki kelebihan tersendiri, hingga cocok untuk musik jenis modern sekalipun.

Pada user interface, tiga knob di kiri memberikan saturasi melalui “Drive” yang membuat kolorasi untuk efek vintage. Kadar menyatunya kolorasi dengan sumber suara diatur melalui “Blend”. Pada knob sebelah kanan terdapat kompresi melalui “Squish”, sebuah fitur yang sedang sangat trend pada reverb masa kini. Dilengkapi dengan “Predelay” dan “Width”, serta HPF dan LPF yang membuatnya makin flexible.  Namun fitur utama yang membuat Gold Plate dapat menjadi simulasi dari beberapa jenis Plate Reverb adalah slider yang dapat membuatnya menggunakan material yang berbeda mulai dari Steel hingga Gold dan diantaranya. Dimana Steel memiliki karakter yang lebih warm sedangkan Gold lebih bright. Reverb time dapat disesuaikan mulai dari sangat pendek hingga panjang dengan tail yang sangat smooth.

Tiap reverb memiliki kelebihan masing-masing, seperti fitur yang flexible, interface yang simple atau suara yang mengagumkan. Gold Plate merupakan kombinasi terbaik dari ketiganya, fitur yang menarik dan tidak berlebihan, tampilan sederhana yang mudah digunakan serta suara yang tidak bisa didapatkan melalui produk lain, period.

Link: https://www.thehouseofkush.com/plugins/goldplate