Imperial Delay

Masih mengenai delay, salah satu type terlengkap dengan workflow yang efektif dan musikal ini awalnya merupakan delay dengan harga termahal $299! Namun setelah beberapa tahun harganya mula disesuaikan dan kini harganya lebih terjangkau. Sebagai salah satu yang terpopuler dan banyak digunakan, tentu saja kualitas yang disajikan juga istimewa, sesuai namanya.

imperial delay

Tampilan merupakan salah satu kelebihan utama dari delay ini, yang sekilas nampak seperti sebuah hardware rack kelas butik. Dengan size yang ideal, tidak terlalu kecil atau terlalu besar untuk digunakan pada laptop dan semua parameter terlihat jelas serta mudah untuk digunakan. Hal ini dikarenakan konsep perancangan sejak awal untuk menjadi delay paling powerful yang mudah digunakan. Untuk kontrol yang lebih detail terdapat advanced kontrol.

Meskipun bukan jenis delay dengan seluruh parameter yang nampak sekaligus pada sebuah page. Namun tidak terasa rumit seperti beberapa jenis delay lain dengan advanced kontrol. Boleh dibilang cukup mudah untuk digunakan mengingat banyaknya fitur serta potensi yang bisa didapatkan.

Terdapat banyak kontrol untuk editing yang sangat flexible, termasuk fitur dan parameter yang biasanya tidak terdapat pada unit delay lainnya. Khususnya pada saat product ini baru dirilis. Seperti Smear, Pitch-Shift dan Distorsi yang heavy. Andaikan adapun, biasanya tidak lengkap semuanya dalam sebuah product.

Seperti yang mulai populer saat ini, Smear menampilkan fitur space yang lebih menyerupai granular reverb. Teknik penggabungan antara Delay dengan Reverb sudah populer sejak dulu, sehingga lebih praktis bila ditampilkan dalam sebuah unit. Begitu pula dengan Pitch-Shift yang dulu dipopulerkan oleh Eventide untuk digabungkan dengan delay dan reverb, membuat permainan tinggi rendah pitch menjadi sangat diminati dalam penggunaan delay. Namun salah satu yang terunik adalah terdapatnya distorsi yang termasuk jenis berat dan jarang ditemukan pada unit delay. Gabungan semua hal tersebut memberikan delay ini suara unik dan khas yang tidak mudah untuk direproduce oleh unit lainnya. Belum lagi mengingat kualitas delaynya sendiri yang cenderung modern dan hi-end.

Parameter seperti feedback, color dan drive sangat bermanfaat dalam memberikan karakter unik, khususnya Dynamic Feedback. Juga dilengkapi dengan Chorus yang musikal. Kalau saja delay ini bisa memiliki tambahan layer seperti Sigmund, maka akan menjadi semakin luar biasa. Hanya saja akan semakin menghabiskan daya prosesor dan memory. Meskipun pada dasarnya delay ini termasuk ringan dalam penggunaan CPU. Juga terdapat fitur favorite lainnya, yaitu Ducking, sejenis kompresi yang lebih menekan delay saat hot input, untuk semakin memudahkan penggunaan dengan processor lain dan menghindarkan kesan bertabrakan. Sebuah fitur yang harusnya dimiliki oleh semua delay.

Delay dengan karakter suara yang cenderung modern ini memang bukan pilihan utama untuk suara paling analog seperti EchoBoy misalnya. Namun untuk segala jenis delay modern dan imaginative, ini adalah salah satu pilihan terbaik. Mulai dari suara yang besar dan full, hingga tipis dan tajam bila diinginkan. Ini merupakan jenis delay yang bisa melakukan banyak trik. Dilengkapi pula dengan system preset managemen inovatif dengan system modular dan global, makin memudahkan untuk pemilihan serta penyimpanan suara. Salah satu kelebihan lainnya adalah terdapat banyak preset yang berkualitas baik untuk penggunaan sehari-hari maupun delay kreatif lainnya. Imperial Delay memberikan solusi delay yang elegan, musikal dan sangat kreatif. Sebagai salah satu yang terbaik. Terlebih setelah harganya kini lebih terjangkau $149. Excellent!

Link: Imperial Delay