Softube HeartBeat

Salah satu partner ableton yang merupakan perusahaan di balik Ableton Amp, Softube merilis sebuah Drum Synth yang sangat menarik. Bagaimana bila sebuah perusahaan yang ahli dalam membuat plugin hi-end, merilis sebuah Drum Synth dengan menyertakan beberapa produk andalannya? Hasilnya adalah: Softube Heartbeat.

heartbeatAkhir2 ini sedang trend, bahwa sebuah plug-in bukan saja menampilkan product dengan segudang fitur baru. Namun yang ditampilkan adalah “Teknik Produksi” untuk kualitas hasil yang maksimal.

Sering kali kita mendengarkan suara drum machine yang sama, namun dengan hasil dan kualitas yang berbeda-beda. Hal tersebut tidak lain adalah dikarenakan teknik produksi serta workflow yang mendukung. Heartbeat bukan fokus pada segudang fitur, namun fokus pada kualitas engine dan workflow yang efektif dari segala sisi. Baik dari segi pembuatan musik, maupun hasil yang maksimal dengan mempertimbangkan kemampuan CPU.

Di sini letak keunikannya, sebagai sebuah product yang boleh di bilang tidak terlalu processor friendly. Heartbeat mencoba untuk menampilkan segala sisi terbaik mulai dari synth engine, hingga hi-end processor. Yang tentu saja bila digunakan terlalu banyak akan menjadi makin tidak bersahabat dengan CPU. Untuk beberapa alasan di atas maka jangan bingung bila seakan-akan fitur dari Heartbeat tampak terbatas, karena sekali lagi fokusnya pada kualitas, teknik produksi dan workflow yang efektif.

Setelah memahami konsep dasarnya, kita akan membahas lebih lanjut mengenai fitur drum machine yang agak menyerupai sebuah Channel Strip khusus Drum Synth ini. Terlebih lagi bisa diperhatikan lebih seksama, tampilan tiap modul drum lebih mirip modul pada synth modular. Hal ini tidak mengherankan karena ternyata drum synth ini memang akan menjadi bagian dari product innovative terbaru mereka yang akan datang, yaitu Softube Modular!

modular

Hebatnya lagi, product hasil kerja sama dengan para pioneer modular synth seperti Doepfer dan Intellijel ini dapat digunakan dengan modul drum dari Heartbeat! Pengguna Heartbeat secara otomatis akan memiliki modul drum gratis untuk dapat digunakan secara modular. Sehingga semakin jelas akan adanya sebuah konsep serta pemikiran yang sangat matang dibalik simplenya drum synth hi-end ini.

Pertama, keunikan Synth Modelling dari HB adalah bukan merupakan simulasi khusus dari drum machine manapun. Meskipun mereka mengatakan, cenderung terinspirasi oleh model legendaris drum synth Jepang. Dalam hal ini mudah ditebak bahwa yang dibicarakan tersebut adalah seri TR dari Roland, khususnya TR-808 dan TR-909. Namun drum synth ini memiliki beragam jenis parameter lainnya membuatnya cukup berbeda.

Untuk masing2 drum part, terdapat mixing board dengan pengaturan 1 knob eq yang disesuaikan dengan masing2 kebutuhan, control untuk volume, pan, dan auto-pan melalui knob ping dan pong. Selanjutnya yang unik tersedia kontrol untuk echo dan reverb yang hanya mengandalkan 1 jenis processor untuk seluruh drum part!

tsar1r_screenshot
Namun bukan processor sembarangan, namun merupakan salah satu Reverb dan Echo terbaik yang berasal dari product andalan Softube, khususnya Reverb legendaris TSAR-1.

dmite_screenshot
Semua channel juga dapat diruting melalui salah satu Dynamic Processor Softube yang paling banyak diminati, Valley People Dyna-mite. Yang sangat mendukung untuk ambiance khas drum analog dengan kualitas terbaik.

Fitur terunik dari HB adalah Auto Layer Machine, dengan menggunakan midi note untuk memainkan beberapa suara secara berbarengan. Fitur ini dapat digunakan untuk membuat fill, roll, flam dan efek unik lainnya. Khususnya dengan menggunakan delay dan slider chaoss untuk hasil yang lebih tidak terduga.

Satu hal yang disayangkan adalah tidak terdapatnya sequencer jenis TR yang akan membuat fitur ini menjadi lebih musikal. Sering kali sebuah drum ataupun bass synth machine memiliki karakter khusus bukan hanya karena suaranya, namun karena keunikan serta musikalitas sequencernya. Setidaknya fitur Auto Layer Machine bisa memberikan sebuah ciri khas tersendiri. Mungkin untuk sementara Softube lebih fokus pada engine dari HB untuk digunakan dengan sequencer pada Softube modular. Khususnya karena tampilan interfacenya sendiri yang sudah sangat besar, sehingga makin meminimalisasi tempat untuk sebuah step sequencer yang ideal, dengan kompensasi mixing yang lebih nyaman.

satknob

Pada master bus terdapat global Saturation yang terinspirasi dari product legendaris lainnya Saturation Knob, dengan distorsi dari yang ringan hingga destruction untuk suara drum synth yang lebih berkarakter vintage.  Dilengkapi dengan 3 band EQ dan Low/High pass filter.

Hasilnya adalah sebuah drum synth dengan modelling next gen berkualitas hardware, lengkap dengan processor terbaik untuk vintage style drum. Dengan workflow simple yang musikal, namun memungkinkan hasil yang maksimal dengan kualitas terbaik untuk jenis musik tertentu. Untuk kebutuhan processing lebih lanjut, dapat digunakan fitur multi output.

Semoga saja akan ada update baru dengan fitur yang menarik, meskipun tetap pada konsep dasar simplicity. Yang jelas, sebagai sebuah dedicated Drum Synth, Heartbeat mampu memberikan hasil terbaik tanpa menggunakan prosesor tambahan lainnya dan merupakan salah satu yang terbaik dengan pengembangan ke arah modular yang sangat menarik.

Link: HeartBeat