Softube Modular

Kembali membahas mengenai Modular, ada satu masalah yang seringkali dihadapi oleh pengguna software maupun hardware modular, yaitu: Kesulitan dalam pembiasaan penggunaan interface! Misalnya pengguna software modular, kadang butuh penyesuaian yang cukup lama saat menggunakan versi hardware. Begitu pula sebaliknya, pengguna Hardware merasa kurang efektif untuk mempelajari kembali interface baru pada software modular. Kini hal itu sudah bisa diatasi dengan sebuah solusi berupa Software yang dibuat berdasarkan Hardware modular aslinya.

modular_hardware

Sudah umum bila sebuah hardware vintage synth mempunyai versi software yang merupakan simulasi authentic. Namun tidak pada dunia synthesizer modular, sehingga kebanyakan para pengguna harus bersusah payah untuk beradaptasi pada beberapa jenis interface yang berbeda2. Sehingga meskipun sudah amat sangat fasih pada versi hardware atau software modular tertentu, tetap saja akan asing pada versi lainnya.

Sejauh ini ada beberapa versi software modular yang dibuat berdasarkan hardware aslinya seperti Arturia Modular V, Arp 2600 dan XILS 4. Namun sulit mendapatkan versi hardware dari semua synth tersebut pada jaman sekarang. Adapun Moog Modular yang sedang dibuat kembali harganya amat sangat mahal.

modular_screenshot

Hingga akhirnya Softube, perusahaan yang juga merupakan partner dari Ableton dengan product Amp, melahirkan sebuah solusi jitu bernama: Modular. Bekerja sama dengan Doepfer yang merupakan pioneer format modular Eurorack, serta Intellijel produsen modul innovative, Modular merupakan versi software dari Hardware yang sesungguhnya! Tentu saja dengan kualitas tertinggi standard Softube yang merupakan pakar dalam membuat simulasi beragam product hi-end.

modular_poly_patching

Lalu dimana kabelnya? Simple, arahkan mouse pada connector, klik dan hubungkan pada connector lain dengan warna yang sama. Selanjutnya tidak perlu melihat kabel yang serabutan serta membingungkan, karena kabel2 tersebuh akan tersembunyi dengan sendirinya. Sehingga Modular dapat digunakan serasa synthesizer normal lainnya, dengan penampilan yang clean dan jelas tanpa tertutup kabel.

modular_fxTampilan awal dari Modular sebagai blank template sangat sederhana, selebihnya pemilihan serta penambahan modul dapat dilakukan dengan menekan tombol Add. Sedangkan pemilihan suara dari 200 preset bawaan dapat dilakukan melalui interface VST dari DAW, karena sementara ini Softube tidak memberikan browser preset.

Pemilihan input dan output selalu tersedia setiap saat pada blank template. Karena salah satu hal yang paling menarik dari sebuah system modular bukan hanya untuk digunakan sebagai sebuah synthesizer, namun juga sebuah efek processor yang sangat flexible.

modular_performance_modules

Untuk kemudahan penggunaan, juga terdapat synth panel dengan layout yang mirip dengan synthesizer analog pada umumnya. Sehingga dapat digunakan dengan mudah dan musikal oleh mereka yang baru ataupun belum pernah menggunakan synthesizer modular.

modular_module_selector

Berikut adalah line-up lengkap yang sementara ini sudah tersedia, diantaranya: 6 Doepfer module (A-110-1 VCO, A-108 VCF, A-132-3 Dual VCA, A-140 ADSR, A-118 Noiser/Random, A-147 VCLFO) dan 20 Utility module, seperti: MIDI to CV/gate, mixers, slew, sample & hold, switches, multiples, delay, offset, sequencers, clock dividers, logic dan signal tools, juga Polyphonic MIDI to CV/gate.

Expansion Module

modular_intellijel

Selanjutnya beberapa expansion dari Intellijel juga tersedia sebagai module yang dirilis bersamaan dengan software Modular. Menurut Softube, akan menyusul jenis module lainnya.

__intellijel_korgasmatron__350w

Korgasmatron II; Sejak versi pertamanya dirilis dalam bentuk hardware, module yang satu ini sudah merupakan idaman dari para penggemar filter legendaris Korg MS-20. Terlebih pada module ini, terdapat 2 filter yang lebih flexible ketimbang versi aslinya, dilengkapi dengan FM dan lebih banyak pilihan jenis filter.

Sehingga merupakan pilihan tepat untuk turut merilis filter ini pada saat awal, karena akan menjadi daya tarik tersendiri untuk dapat digunakan dalam bentuk software.

__intellijel_rubicon__350w

Rubicon; Module oscillator unik dengan Triangle Core VCO yang mencapai Zero Frequency Modulation, dengan beragam pilihan waveform mulai dari yang merupakan multiplikasi hingga divisi dari base frequency. Ideal untuk mendapatkan sumber suara yang berbeda dengan osciallator analog biasa untuk musik modern.

Terdapat 12 jenis waveform, diantaranya: sine, sigmoid, double sigmoid, triangle, saw, double saw, zigzag, square, pulse (center modulated), pulse (edge modulated), double pulse.

__intellijel_ufold__350w

uFold II; Wavefolder module untuk memanipulasi harmonic spectrum dari yang sederhana hingga extereme, namun mudah untuk digunakan. Merupakan kolaborasi dengan David Dixon, yang memiliki fokus pada karakter yang paling disukai dari sebuah analog synth, yang bukan hanya hanya pada penerapan secara electronic namun terlebih pada bagaimana sebuah komponen melahirkan suara serta efisien penggunaannya untuk mendapatkan suara ideal yang diinginkan.

modular_heartbeat

HeartBeat; Salah satu yang paling menarik adalah pengguna Heartbeat, sebuah system analog drum yang belum lama ini kita bahas, juga dapat menggunakan plugin tersebut dalam format rack di dalam modular! Sehingga dapat digunakan dengan sequncer, efek, serta processor lainnya. Hmm..Kick melalui Korgasmatron II guys? Atau Analog style drum sequencing bersama Bass yang terdiri dari 6 Doepfer Oscillator atau Lead menggunakan Rubicon? Semuanya bisa dilakukan secara sangat musikal dengan Modular.

Beberapa kekurangannya adalah, tidak adanya system preset pada pluginnya sendiri, serta membutuhkan PC yang cukup powerful. Juga pada beberapa pengguna Ableton Live 9.6.1 pada Window 10, kadang diperlukan Windows 8 compatibility mode agar tidak menyebabkan crash pada saat scanning plugin. Namun hal ini sedang diatasi oleh Softube dan semoga ke depannya bisa lebih hemat processor, serta terus dikembangkan dengan berbagai versi module menarik serta innovative lainnya.

modular_gui_large Nampak jelas bahwa Modular ideal untuk banyak applikasi dan beragam pengguna. Khususnya bagi mereka yang ingin belajar menggunakan system Modular melalu software, untuk terjun ke dunia Hardware pada suatu saat nanti. Begitu pula untuk pengguna hardware yang sering bepergian, Modular dapat digunakan sebagai system preset untuk selanjutnya diapplikasikan pada versi Hardwarenya. Tampilan di atas adalah penggunaan Modular pada big screen 27″ yang makin membuatnya terlihat seperti aslinya.

Baik bagi pengguna software maupun hardware, Modular dapat menyimpan preset tanpa batas, yang hanya merupakan impian bagi pengguna versi Hardware, serta mudah digunakan secara sync di dalam DAW. Dengan kualitas hi-end yang hampir menyerupai versi hardwarenya. Sehingga tidak berlebihan bila Modular pada saat ini merupakan system simulasi modular terbaik dengan versi hardware yang cukup terjangkau. Highly Impressive, happy patching!

Link:
Softube Modular
Heartbeat
Intellijel Rubicon
Intellijel Korgasmatron
Intellijel uFold II