UVI Relayer

Kali ini kita akan ngobrol mengenai next gen delay yang merupakan salah satu jenis terbaru. Dengan interface yang sangat modern, khas UVI Falcon yang belum lama ini kita bahas. Falcon adalah sebuah Hybrid Instrument phenomenal yang sangat lengkap, bahkan di dalamnya terdapat Sparkverb, yang juga dijual sebagai product terpisah seharga $199! Namun masih ada lagi sebuah product andalan UVI yang tidak termasuk di dalam Falcon, sehingga amat dinanti2kan oleh para penggunanya. Yaitu, RELAYER Precision Creative Delay.

relayer

Delay yang memiliki karakter suara modern ini boleh dibilang salah satu yang terlengkap dan paling flexible. Di mulai dari tampilan utama pada bagian “Time” dengan warna tab biru, setiap line tap delay dapat diarrange seperti layaknya sebuah step sequencer, lengkap dengan fitur randomisasi.  Delay yang sangat akurat dapat dihasilkan, bahkan yang menyerupai guitar strumming sekalipun!

Beberapa pengaturan utama untuk delay seperti Time, Feedback dan Repeat serta Sync selalu dapat diakses baik dalam tab apapun. Begitu juga dengan Depth dan Rate untuk modulasi yang dapat digunakan untuk simulasi wow dan flutter dari tape, Input Gate, Wet/Dry dan master filter. Salah satu yang unik adalah fitur Color yang merupakan sejenis convolution reverb dengan berbagai IR yang unik dari berbagai jenis reverb unit dan ambiance unik lainnya mulai dari tape, analog hingga mainan, makin memperkaya jenis suara yang dapat dihasilkan.

relayer (1)

Selanjutnya pada tab berwarna hijau, terdapat pengaturan gain untuk pemilahan tinggi rendahnya volume pada tiap line. Sama seperti pengaturan time, terdapat fasilitas randomisasi serta beragam preset dan tombol untuk pengaturan yang efektif. Sehingga beragam fitur gate ritmik dan fading yang menarik dapat dihasilkan. Terlebih bila digabungkan dengan fitur time dan color.

relayer (2)

Selanjutnya Tap Pad dengan warna kuning, membuat Relayer seakan memiliki dedicated panning processor dengan pengaturan width serta tiap step yang akurat dan detail. Dengan fitur ini semakin lengkaplah kompleksitas delay yang dapat dihasilkan, meskipun belum menggunakan fitur FX dan Feedback! Salah satu fitur menarik lainnya adalah seluruh grafik step sequencer baik untuk gain, pan ataupun FX 1 dan FX 2, seluruhnya dapat selalu dipantau dalam posisi tab manapun pada bagian bawah step sequencer utama. Sehingga semakin memudahkan untuk bisa memiliki setting yang lebih akurat secara keseluruhan, khususnya untuk penggemar setting ping-pong delay yang detail dan kreatif.

Relayer_PP-layout_nr1_GUI1

Tab FX 1 dan FX 2 identik antara satu dengan lainnya. Dilengkapi dengan beberapa jenis “karakter” processor yang dapat membuat delay terdengar gritty, mewah, kasar, menggigit ataupun tebal. Terdapat beberapa jenis filtering seperti Vowel, Biquad dan Comb, juga Wahwah, Redux dan WaveShaper untuk modulasi, distorsi dan bit reduction. Bila semua itu belum cukup, pada bagian feedback masih terdapat karakter processor untuk simulasi vintage delay seperti Analog, Tape dan Tube, disertai pengaturan drive dan multimode filter yang terdiri dari high, low dan band pass filter.

Didukung interface dengan tampilan yang modern dan memudahkan dengan tab berwarna, membuat Relayer menjadi salah satu delay dengan tampilan paling modern dan stylish. Serta memiliki workflow yang sangat musikal dan logical. Delay yang dihasilkan sangat lengkap mulai dari yang vintage hingga super modern dan imaginative, mulai dari yang simple hingga yang super complex dengan kualitas suara terbaik.  Namun yang terpenting adalah control yang sangat akurat untuk tiap line tap delaynya, untuk hasil yang sangat presisi. Sehingga tidak berlebihan bila didaulat sebagai salah satu delay next gen terbaik yang pernah ada. Highly Recommended!

Link: UVI Relayer